Kampus UIN Padang Disebut Belum Punya Regulasi Kekerasan Seksual

Ilustrasi
Sumber :
  • U-Report

Padang – Penanggung jawab isu minoritas rentan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, Decthree Ranti Putri mengungkap fakta berdasarkan informasi bahwa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang hingga kini sama sekali belum memiliki regulasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

LPAI Sarankan Pemeriksaan Rutin Terhadap Personel Polda Sumbar

"Dalam beberapa keterangan di media, kampus UIN IB belum memiliki regulasi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Walaupun sudah ada Permendikbudristek Nomor: 30 tahun 2021, namun belum diadaptasi secara serius oleh kampus,"kata Decthree Ranti Putri melalui keterangan resminya, Jumat 25 November 2022. 

Saat ini kata Ranti Putri, pihaknya sedang melakukan komunikasi dan advokasi dengan beberapa mahasiswi yang diduga menjadi korban kekerasan seksual oleh oknum Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

Kapolda Sumbar Buka Kejuaraan Bulu Tangkis

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/859-kampus-uin-padang-digoyang-isu-kasus-kekerasan-seksual

Kasus dugaan kekerasan seksual ini kata Ranti, mencuat disaat ratusan mahasiswa melakukan unjuk rasa pada Rabu 23 November 2022 didepan gedung Rektorat. 

Ketua DPRD Sumbar Sebut Dua Wilayah Ini Paling Rawan Peredaran Narkotika

Aksi massa yang berdemonstrasi itu kata Ranti, lalu mengajukan berbagai tuntutan. Salah satunya yakni, tentang laporan adanya dugaan kekerasan seksual di lingkungan kampus. 

Oleh karena itu, LBH Padang kata Ranti lagi, memberikan catatan penting antara lain, UIN IB Padang untuk segera membentuk regulasi tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dilingkungan kampus.

Halaman Selanjutnya
img_title