Kopi Bantjah Mulai Rambah Pangsa Pasar 

Launching Kopi Bantjah
Sumber :
  • Humas Semen Padang

Padang – Kopi Bantjah yang di kelola dan di produksi Kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Sikayan Balumuik di daerah Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatra Barat, kini mulai merambah pangsa pasar. Resmi diluncurkan pada Sabtu kemarin. Jenis kopinya Robusta.

Mengembalikan Kejayaan Kopi Kayu Aro

Bagi penikmat, Kopi Bantjah yang dihasilkan para petani Sikayan Balumuik dibawah binaan Program Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Semen Padang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar dan Koperasi Serba Usaha (KSU) Solok Radjo itu, sudah dapat dibeli di Pasar Gadang dan beberapa tempat lainnya. 

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri menyebutkan jika kopi dari petani kelompok HKm Sikayan Balumuik ini, diyakini akan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat.  

Kematian Mirna Salihin: Ayah Mirna Akui Beri Napas Buatan, Pengacara Jessica Sebut Pasti Meninggal J

"Para petani dapat merasakan hasil usahanya. Ini tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder seperti Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, kelompok Hkm dan masyarakat sekitar. Para petani yang menanam kopi, dapat merasakan hasil dari usahanya,"kata Oktoweri, Rabu 25 Januari 2023.

Oktoweri bilang, pasca produk kopi Bantjah diluncurkan, para petani kopi dapat melakukan proses penanganan bibit hingga penanganan pascapanen untuk mendapatkan hasil kopi yang berkualitas tinggi. 

Perang Rusia-Ukraina, Mikhailov: Ukraina Ancam Dunia Rusia dengan Nazisme Baru

"Semakin baik kualitas kopi, makin mahal harganya, semoga ini bisa terwujud. Tidak hanya itu, Hkm ini sudah mengembangkan bibit kopi yang dapat dibudidayakan kembali sehingga keberlanjutannya dapat terjaga"kata Oktoweri.

Terpisah, Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy memberikan apresiasi atas upaya yang sudah dilakukan PT Semen Padang melalui program pemberdayaan masyarakat yang tepat sasaran. Program yang dilahirkan, tidak hanya menyasar pada satu bidang saja.

Halaman Selanjutnya
img_title