Keren, Pabrik Indarung I Kini Jadi Cagar Budaya Nasional

Pabrik Indarung I Semen Padang
Sumber :
  • Humas Semen Padang

Padang – Upaya menjadikan pabrik Indarung I Semen Padang sebagai kawasan Cagar Budaya, membuahkan hasil. Usai rekomendasi dari tim ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) keluar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, resmi menetapkan kawasan itu sebagai Cagar Budaya Peringkat Nasional. 

Kota Padang Panjang Lampaui Target Nasional Penurunan Stunting

Menurut Dirut PT Semen Padang, Asri Mukhtar Dt. Tumangguang Basa, objek Indarung I ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada 27 Februari 2023 di Jakarta. Ditanda tangan langsung oleh Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, melalui Surat Keputusan Mendikbudristek No 54/M/2023 tentang penetapan kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional.

"Alhamdulillah, kami bangga dan bersyukur sekali. Karena kerja keras kami akhirnya membuahkan hasil setelah melalui jalan panjang. Mulai dari penetapan Cagar Budaya peringkat Kota hingga penetapan Cagar Budaya peringkat Provinsi, dan setelah itu diusulkan ke peringkat Nasional. Perjuangan untuk menjadikan pabrik Indarung I sebagai Cagar Budaya peringkat Nasional ini, tidaklah mudah," kata Asri Mukhtar, Rabu 8 Maret 2023.

Angka Partisipasi Pemilu 2024 di Padang Panjang 84 Persen

Dilanjutkan Asri Mukhtar, usai ditetapkan sebagai Cagar Budaya peringkat Nasional, pihaknya kini kian mantap untuk mengajukan kawasan Cagar Budaya Pabrik Semen Indarung I Semen Padang yang mana didalamnya juga terdapat PLTA Rasak Bungo yang didirikan Belanda pada 1908 dan beroperasi tahun 1909, sebagai World Heritage dari Unesco. 

Untuk itu kata Asri, pihaknya juga berharap dukungan dari semua pihak. Saat ini, dokumen Tentative List sebagai awal proses pendaftaran Indarung I sebagai world heritage ke Kemendikbutristek sudah diajukan.

Panglima Mutasi dan Rotasi Jabatan Strategis TNI

"Kami berharap dukungan dan doa dari semua stakeholder agar semua tahapan dapat kami lalui dengan baik. Mewujudkan Indarung I menjadi Cagar Budaya Warisan Dunia sekaligus sebagai destinasi wisata edukasi persemenan terkemuka di dunia," tutup Asri.