Harga Sembako di Padang Panjang Alami Penurunan

Ilustrasi Cabai. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Pemerintah kota Padang Panjang, Sumatera Barat merilis jika Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu pertama Mei mengalami penurunan. Cabai merah dan daging ayam Ras, menjadi komoditi utama yang berkontribusi terhadap penurunan itu.

PLN Sumbar Dukung Percepatan Green Port: Kolaborasi Menuju Langit Biru Sumatera Barat

"Komoditi utama yang berkontribusi untuk penurunan ini adalah cabai merah dan daging ayam Ras,"kata Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, Selasa 9 Mei 2023.

Dijelaskan Putra, pada minggu pertama Mei ini, diwarnai dengan penurunan harga 14 komoditas dan kenaikan harga enam komoditas. Meskipun demikian, tidak ada kenaikan dan penurunan yang terlalu signifikan.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Dia bilang, komoditi strategis yang mengalami penurunan harga di antaranya daging segar, minyak goreng curah, telur ayam, daging ayam broiler. Serta cabai merah yang kembali mencatatkan rekor, turun hingga Rp26.500 perkilogram. Terendah, sejak Januari 2023.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebutkan, Inflasi April tahun ke tahun (year of year/yoy) 2023 ini berada pada angka 4,33 persen. Inflasi Sumatera Barat berada 5,24 persen yoy atau tertinggi ke-6 di Indonesia. Sementara inflasi Kota Padang berada pada 5,28 persen (yoy) atau tertinggi ke-9 di Indonesia. 

Luak Kapau Siap Berbenah, Wakili Solsel di Lomba HKG PKK Sumbar