3 Hari Lagi, Alek Nagari Luki di Pabrik Indarung I Dihelat

Rapat koordinasi Alek Nagari Luki
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Tiga hari lagi, warga warga Lubuk Kilangan, kota Padang bakal disuguhi sebuah atraksi tradisi bantai jawi dan penandatanganan Pakta Integritas. Kegiatan itu, diselenggarakan di Pabrik Indarung I PT Semen Padang

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Bantai kabau merupakan bentuk syukur warga Lubuk Kilangan atas ditetapkannya Pabrik Indarung I sebagai warisan budaya benda tingkat nasional,"kata Ketua Pelaksana, Edwar, Minggu 2 Juli 2023.

Seperti diketahui, pada 27 Februari lalu Pemerintah RI melalui Kemdikbudristek menetapkan Pabrik yang didirikan sejak 1910 sebagai salah satu warisan budaya benda. 

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Pengusulan ini dimulai oleh Indarung Heritage Society (IHS) dengan terus berkonsultasi dengan walikota Padang dan jajarannya untuk menjadikan warisan budaya benda Kota Padang. 

"Pengusulan itu kami lakukan sejak Februari 2022," ujar ketua HIS, Aidil Usman.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Dia bilang, pengusulan ini baru terlaksana menjelang akhir tahun. Dilanjutkan dengan Warisan Budaya Benda tingkat provinsi dan terus ke tingkat nasional. 

HIS lalu kemudian melakukan kolaborasi dengan anggota DPR RI Komini VI, Rieke Dyah Pitaloka serta pihak perusahaan PT Semen Padang untuk mempercepat proses tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title