Cara Puskesmas Lapai Tekan Angka Stunting

Ilustrasi stunting. Sumber Foto/schoolofparenting
Sumber :

Padang – Puskesmas Lapai, Kota Padang, Sumatera Barat kian gencar melakukan sosialisai kader posyandu tentang pencegahan stunting sebagai salah satu upaya menakan angka kasus stunting di Padang.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Staf gizi Puskesmas Lapai, Firman Wiratama menyebut jika permasalahan stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan sel otak pada anak. Untuk itu, pentingnya sosialisasi ini dilakukan agar angka stunting dapat ditekan.

"Untuk tinggi badan normalnya pada bayi atau balita setiap bulannya itu, bertambah satu centimeter,"kata Firman dikutip dari siaran persnya, Rabu 26 Juli 2023.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Menurut Firman, stunting kini menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu, perlu peran serta semua pihak dalam menekan angka stunting. Terutama kader posyandu yang  juga berperan dalam mencegah terjadinya stunting sejak dini.

"Puskesmas Lapai juga akan mengadakan lesehan dengan pengecekan tensi dan gula darah serta kegiatan senam di Kelurahan Tabing Banda Gadang pada 30 Juni mendatang,"ujarnya.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Tak hanya itu kata Firman, lesehan ini nantinya juga akan dilaksanakan di Kampung Lapai (dekat PAUD Amanah) pada tanggal pekan pertama Agustus mendatang. Ia pun berharap kepada kader posyandu, RT dan RW agar menjadi penggerak dalam membantu penurunan angka stunting.

"Kami berharap RT dan RW agar mengimbau warganya untuk datang ke posyandu guna  menekan angka stunting dan menumbuhkan kesadaran bagi ibu hamil pentingnya pencegahan dari stunting,"tutup Firman.