Harga Tiga Jenis Cabai di Padang Panjang Mulai Pedas

Ilustrasi Cabai. Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Padang Panjang, Sumatera Barat, Putra Dewangga menyebut jika harga tiga jenis cabai di wilayahnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada pekan pertama Agustus 2023. Ketiga jenis cabai itu yakni, cabai merah, hijau dan rawit. 

Ratusan Warga Pesisir Selatan Terjangkit Diare

"Naik serentak pada minggu pertama Agustus ini di Pasar Pusat Padang Panjang. Ini, diindikasikan terjadi karena masa panen cabai yang mulai menurun. Sehingga mempengaruhi pasokan di pasar,"kata Putra Dewangga, Senin 7 Agustus 2023.

Dijelaskan Putra, untuk harga cabai merah naik Rp2 ribu dari sebelumnya Rp37.500 per kilogram menjadi Rp39.500 per kilogram. Lalu, cabai hijau naik dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp31 per kilogram. Sedangkan untuk cabai rawit, naik dari Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp36.250 per kilogram. 

Pasutri Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas Istri Luka-Luka

"Selain tiga jenis cabai ini, harga komoditi lain seperti sawi bola, terong, seledri dan minyak goreng kemasan sederhana, juga terpantau naik,"ujar Putra Dewangga.

Menurut Putra, dari hasil monitoring, sektor komoditas utama ada yang mengalami penurunan harga. Harga daging ayam broiler misalnya, terpantau turun dari sebelumnya Rp24.250 per kilogram menjadi Rp23 ribu per kilogram. 

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

"Penurunan harga daging ayam broiler ini, sudah terjadi sejak lima minggu berturut-turut,"kata Putra.

Putra bilang, turunnya harga ayam broiler, diindikasikan terjadi karena menyusual adanya penurunan harga jagung untuk peternak sebagai bahan pangan ayam. Sehingga, biaya produksi menurun dan harga jual ayam di pasar pun menurun dari periode sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title