Strategi Pemko Padang Panjang Lakukan Konsolidasi OPD

Cabai Merah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Padang – Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga, mengungkap bahwa beberapa komoditas di wilayahnya saat ini sedang mengalami kenaikan harga.

Harga Cabai di Padang Panjang Kian Pedas

Beberapa komoditi itu kata Putra antara lain, cabai hijau, cabai rawit, dan cabai merah. Kenaikan ini, disebabkan oleh faktor cuaca dan musim penghujan di sentra produksi petani.

Putra mengatakan bahwa Pemko Padang sudah melakukan konsolidasi dengan OPD terkait untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mengatasi kenaikan harga komoditas pangan.

Pemko Padang Panjang Optimalkan Strategi 4K Atasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

"Strategi yang akan diambil adalah mengoptimalisasi strategi 4K, yaitu memastikan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif," kata Putra, Selasa 20 Februari 2024.

Program lain yang akan dijalankan kata Putra, termasuk gerakan menanam, gerakan pangan murah, gerakan stop boros pangan, warung sembako murah, dan operasi pasar.

Padang Panjang Alami Deflasi pada Januari, Harga Cabai dan Minyak Goreng Naik

"Jika diperlukan, APBD, khususnya Anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT), akan digelontorkan untuk mendukung pengendalian kenaikan harga komoditas pangan," tutupnya.