Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Kota Padang Dimulai

Wakil Walikota Padang Ekos Albar
Sumber :
  • Humas Pemko Padang

Padang – Semarak Ramadan di Kota Padang kian terasa dengan dimulainya Pesantren Ramadan 1445 Hijriah bagi peserta didik tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Program keagamaan yang diinisiasi Pemerintah Kota Padang ini resmi dibuka pada Kamis kemrin.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Menurut Wakil Walikota Padang, Ekos Albar, Pesantren Ramadan ini akan berlangsung hingga 5 April 2024 dengan mengangkat tema "Wasilah Melahirkan Kepemimpinan Islami pada Generasi Muda Kota Padang". 

"Pesantren Ramadan tahun ini diharapkan mampu membentuk generasi muda yang qurani, berkarakter, dan berakhlak mulia. Selama pelaksanaan Pesantren Ramadan, anak-anak akan ditempa ilmu agama dan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan lainnya," kata Ekos Albar melalui siaran persnya, Jumat 15 Maret 2024.

Strategi Pemko Padang Rekayasa Lalu Lintas Saat Helatan Festival Muaro Padang

Ia menyebut, program yang telah berlangsung selama 20 tahun ini merupakan pengganti jam belajar bagi murid SD, SMP, dan SMA sederajat selama bulan Ramadan. Ekos Albar pun berharap agar program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat bagi generasi muda Kota Padang.

"Kesuksesan kegiatan ini butuh dukungan dan dorongan dari semua pihak. Baik pengurus masjid, para guru, instruktur, elemen masyarakat, dan terutama dari keluarga peserta didik di rumah," ujarnya.

Festival Muaro Semakin Dekat: Persiapan 90 Persen, Siap Hibur Warga dan Wisatawan

Ia bilang, Pesantren Ramadan tahun ini diikuti oleh 87.304 peserta, terdiri dari murid SD dan MIN kelas 4 hingga 6, serta murid SMP dan SMA sederajat. Kegiatan ini akan diselenggarakan di sekitar 1.800 masjid dan mushalla di seluruh Kota Padang.

Pesantren Ramadan 1445 H/2024 menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota Padang dalam membina generasi muda yang Islami dan berakhlak mulia.

Halaman Selanjutnya
img_title