Hendri Septa Ajak Generasi Muda Cintai Sejarah

Walikota Padang, Hendri Septa
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mencintai sejarah saat helatan Festival Muaro.

Bus Trans Padang Koridor 3 Siap Mengaspal, Layani Rute Baru Hingga RSUD dr. Rasidin

Dalam festival ini, Hendri Septa menyoroti semangat tempo doeloe, yang memunculkan potensi warga kota melalui penampilan tradisi seni, budaya, dan ekonomi kreatif.

"Kita mengajak warga Kota Padang, terutama para pelajar, untuk mengenang dan memahami sejarah Kota Tua serta Batang Arau, yang dulunya dikenal sebagai Bandar Padang," kata Hendri Septa, melalui keterangan resminya, Sabtu 20 April 2024.

Festival Muaro Padang: Semarak Budaya "Tempo Doeloe" Menanti Pengunjung dan Wisatawan

Selanjutnya kata Hendri, pemerintah Kota Padang berencana menerbitkan Buku Sejarah Bandar Padang yang akan diluncurkan dan didiskusikan bersama guru sejarah SMP se-Kota Padang. Buku ini akan mengisahkan perjalanan Batang Arau atau Bandar Padang dalam catatan sejarah, budaya, dan ekonomi.

"Ini adalah buku pertama yang mengangkat Batang Arau sebagai hasil dari Festival Muaro tahun ini. Dengan menjadikan Batang Arau sebagai destinasi baru wisata, festival ini akan memperlihatkan sungai sebagai kekayaan alam dan daya tarik wisata," ujarnya.

ASN Padang Tunjukkan Semangat Baru di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kehadiran Capai 100 Persen

Menurut Hendri Septa, melalui semangat Padang Bagoro, langkah-langkah perbaikan sungai dijalankan secara bertahap dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Festival Muaro dijadikan momentum untuk mengingatkan pentingnya menjaga Batang Arau dan menjadikannya sebagai objek kebanggaan bersama.

"Kawasan Kota Tua, Batang Arau, dan Muaro Padang memiliki sejarah yang kaya. Dengan menelusuri kawasan ini, kita membangun kesadaran akan potensi kota ini dan cagar budayanya yang patut dijaga serta dihargai," tutupnya.