Harga Cabai Merah, Daging Ayam Ras, dan Bawang Merah Naik di Padang Panjang

Ilustrasi cabai.
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kota Padang Panjang pada minggu keempat Mei 2024 mengalami fluktuasi sedang dengan nilai 2,51. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga beberapa komoditas utama, seperti cabai merah, daging ayam ras, dan bawang merah.

Wakil Bupati Solsel Instruksikan Evaluasi Menyeluruh Penyelenggaraan Pendidikan

“Secara umum harga 48 komoditas relatif stabil pada minggu ini. Fluktuasi terjadi pada delapan komoditas, dengan empat di antaranya mengalami kenaikan dan empat lainnya turun harga,” kata Putra Dewangga, Selasa 28 Mei 2024.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara historis terjadi inflasi di bulan Mei selama periode 2020-2023.

Pemkab Solsel Salurkan Bantuan BAZNas Solsel Dalam Gelaran CFD

Di Sumatera Barat, terdapat empat Kabupaten dan Kota yang masuk dalam 10 besar kenaikan IPH tertinggi, yaitu Kabupaten Solok Selatan, Pesisir Selatan, Kepulauan Mentawai, dan Agam.

Di Kota Padang Panjang sendiri kata Putra, komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya telur ayam ras dan minyak goreng kemasan sederhana. Sementara itu, harga daging ayam broiler, cabai hijau, cabai rawit, dan cabai merah mengalami penurunan.

DPRD Solok Selatan Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023

“Meskipun tidak signifikan, penurunan harga cabai hijau, cabai merah, dan cabai rawit menunjukkan bahwa pasokan mulai bertambah dibandingkan dengan minggu sebelumnya, sehingga dapat menekan harga di pasar,” tutup Putra Dewangga.