Belasan Lansia di Kota Padang Kebagian Bantuan UEP

Pemberitan bantuan bagi lansia di kota Padang
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang –  Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Padang menyalurkan bantuan kepada para lansia. Bantuan tersebut berupa Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan bantuan permakanan.

Gandeng Tiga Partai, PDI Perjuangan Pasang Target Menang di Pertarungan Pilkada Padang

Penjabat Walikota Padang, Andree Algamar, menyebut bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai penghormatan terhadap orang tua. 

Hal ini terlihat dalam sistem kehidupan berbangsa dan bernegara yang selalu menekankan dan mengutamakan ikatan kekeluargaan berlandaskan nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya. Di mana peran serta dan kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat sangatlah dihargai.

Kemenag Layani Lansia dan Disabilitas dengan Istimewa Saat Menjalankan Ibadah Haji

"Di satu sisi, pada fase lanjut usia, kualitas hidup pada hampir semua aspek mengalami penurunan. Kemampuan fisik dan mental menurun yang mengakibatkan produktivitasnya menurun. Di sisi lain, lanjut usia telah melalui perjalanan hidup yang panjang dan memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas, serta kearifan yang dapat dimanfaatkan dalam pembangunan nasional," kata Andree Algamar, Kamis 30 Mei 2024.

Lebih lanjut, Andree Algamar bilang bahwa menjadikan lanjut usia sejahtera lahir dan batin bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk institusi masyarakat, organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha, dan semua pihak.

393 Jamaah Calon Haji Sudah Terbang ke Tanah Suci

"Upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia harus terus diupayakan. Mari kita sambut Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2024 dengan tekad untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera di masa kini dan yang akan datang," ujar Andree Algamar.

Andre merinci, Pemko Padang menyerahkan bantuan UEP kepada 11 orang lansia, dengan masing-masing menerima Rp6.072.000. Selain itu, bantuan permakanan juga diberikan kepada 110 orang lansia, dengan masing-masing menerima Rp489.500 .

Halaman Selanjutnya
img_title