Kota Padang Punya 175 Bank Sampah  

Ilustrasi tempat sampah. Foto/pixabay.
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menunjukkan komitmennya dalam menangani permasalahan sampah dengan membangun bank sampah secara masif di seluruh wilayahnya. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang merilis, ada sebanyak 175 bank sampah yang tersebar di 11 kecamatan. Upaya ini diklaim sejalan dengan target Pemkot Padang untuk memiliki satu bank sampah di setiap tingkat RW. 

"Bank sampah paling banyak terdapat di Kecamatan Pauh dengan total 40 bank sampah. Tapi memang masih ada beberapa kecamatan lain yang jumlah bank sampahnya minim," kata Kepala DLH Kota Padang, Fadelan Fitra Masta, Sabtu 1 Juni 2024.

Punya Predikat Tidak Sehat, OJK Cabut Izin Usaha PT BPR Sembilan Mutiara

Fadelan optimis dengan peran serta semua pihak, target satu bank sampah per RW dapat tercapai. Di Kota Padang kata Fadelan, terdapat 909 RW sementara jumlah bank sampah baru 175. 

"Kalau persentasenya baru 19,25 persen. Kita terus mendorong agar ke depannya dapat satu RW memiliki satu bank sampah," ujarnya.

Pengolahan Sampah di Padang Didukung World Bank Dengan Teknologi RDF

Bank sampah kata Fadelan dinilai memiliki peran penting dalam meminimalisir sampah yang menumpuk di Tempat Penampungan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin.

Selain itu, keberadaan bank sampah juga dapat menekan pertumbuhan TPS liar yang kerap muncul di berbagai titik di Kota Padang.

Halaman Selanjutnya
img_title