Hendri Septa: UMKM Harus Berjaya Ditanah Sendiri

Kunjungan Hendri Septa (kanan) ke Forum UMKM Kecamatan Kuranji
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Calon Wali Kota Padang, Hendri Septa, meyakini bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Padang memiliki potensi besar untuk menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Pilkada Lawan Kotak Kosong di Dharmasraya Batal ?

Hendri, calon Walikota Petahana itu menegaskan pentingnya mendukung para pelaku UMKM agar dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional.

"Dengan jumlah UMKM mencapai 45 ribu unit, Kota Padang memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Saya yakin, jika kita bersama-sama mengembangkan UMKM, tidak hanya kesejahteraan masyarakat akan meningkat, tetapi juga Kota Padang akan semakin dikenal sebagai kota yang unggul di bidang usaha," ujar Hendri, Rabu 31 Juli 2024

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

Hendri mencontohkan kesuksesan Permindo Night Market yang pernah ia gagas. Dalam waktu singkat, salam 4 bulan sebelum kemudian terhenti akibat Covid-19, iven ini mampu menggerakkan roda perekonomian lokal. Ini membuktikan bahwa UMKM di Padang memiliki daya tarik yang tinggi. bahkan dalam semalam uang yang terkumpul mencapai 230 juta.

"Permindo Night Market yang saya gagas melibatkan 80 hingga 100 UMKM dengan diadakan setiap malam minggu. Alhamdulillah uang yang terkumpul bisa mencapai 230 juta," kata Hendri.

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Pun ketika iven Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang mana kota Padang menjadi tuan rumah, dalam lima hari iven itu dihelat, uang yang beredar mencapai Rp26 miliar. Pelaku usaha lah yang diuntungan. Kafe, toko baik yang menjajakan kuliner maupun kerajinan tangan diserbu.

"Waktu iven APEKSI, yang datang dari seluruh Indonesia ada 6000 orang. UMKM lah yang diuntungkan disini," ujar Hendri yang akan berpasangan dengan Hidayat sebagai pasangan Padang Hebat

Halaman Selanjutnya
img_title