Kota Padang Kini Punya Sentra Budidaya Maggot Black Soldier

Sentra Budidaya Maggot Black Soldier
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Kota Padang kini memiliki solusi inovatif untuk mengatasi masalah sampah organik yang menumpuk.

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

Sentra Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) di TPS 3R Kelurahan Rawang, Padang Selatan, yang sudah diresmikan pada Rabu kemarin itu, menandai langkah maju Kota Padang dalam pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar menyebut, sentra budidaya maggot ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Padang dengan PT Semen Padang, serta masyarakat setempat. 

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Maggot, atau belatung kata Andree, memiliki kemampuan luar biasa dalam mengurai sampah organik menjadi protein hewani yang bernilai tinggi dan pupuk organik. Dengan kapasitas mengurai 1 ton sampah organik per hari, sentra ini berpotensi mengurangi beban TPA Aia Dingin secara signifikan.

"Kami sangat antusias dengan adanya sentra budidaya maggot ini. Ini adalah langkah maju dalam mewujudkan kota yang bersih dan berkelanjutan. Kami berharap sentra ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain," kata Andree Algamar, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 24 Agustus 2024.

Pemko Padang Imbau Warga Tetap Tenang Terkait Isu Gempa Megathrust

Protein hewani dari maggot kata Andree, dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, seperti ikan dan unggas. Sementara itu, pupuk organik yang dihasilkan sangat kaya nutrisi dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. 

Hal ini menunjukkan bahwa budidaya maggot tidak hanya menyelesaikan masalah sampah, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title