Pemko Padang Imbau Warga Tetap Tenang Terkait Isu Gempa Megathrust

Simulasi gempa dan tsunami
Sumber :
  • Padang Viva / Andri Mardiansyah

Padang – Isu mengenai potensi gempa megathrust di wilayah Sumatera dan Jawa kembali beredar di tengah masyarakat. Menyikapi isu yang kian berhembus, Pemerintah Kota Padang mengimbau warganya untuk tetap tenang dan memperkuat mitigasi.

Lebih Dari 2 Juta Wisatawan Berkunjung ke Kota Padang Tahun Ini

"Kami mengimbau seluruh warga untuk tetap tenang," kata Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, Senin 9 September 2024.

Andree menjelaskan bahwa, isu mengenai gempa megathrust bukanlah hal baru dan sudah menjadi perbincangan publik sejak lama, bahkan masuk dalam isu nasional. 

Produksi Padi di Kota Padang Menurun

Menurutnya, kabar tersebut bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana.

"Ini bukan kabar untuk menakut-nakuti, tetapi sebagai upaya mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," ujarnya.

Muharlion Ditetapkan Jadi Ketua DPRD Kota Padang 2024-2029

Andree juga mengimbau masyarakat untuk memperkuat mitigasi bencana dengan berbagai langkah pencegahan dan persiapan. Selain itu, ia menekankan pentingnya menjaga dan merawat fasilitas publik, termasuk shelter evakuasi yang telah disediakan di beberapa titik di Kota Padang.

"Mari kita rawat shelter yang ada. Optimalkan penggunaannya dan pastikan kebersihannya. Jadikan shelter sebagai tempat yang familiar dan mudah diakses oleh masyarakat," kata Andree.

Halaman Selanjutnya
img_title