Program PBK, Cara Pemkab Solsel Tingkatkan Kualitas Dan Produktivitas Tenaga Kerja  

Peluncuran program PBK
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan kembali meluncurkan program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja. 

Dasawisma Kamboja 4 Sawah Siluak Melangkah Menuju Juara di Tingkat Provinsi

Program siap kerja ini meliputi pelatihan Teknologi Informatika (TI), Asisten Pembuat Pakaian, Otomotif, Garmen Lanjutan dan Barista.

Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi menyebut, salah satu misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah Peningkatan kualitas SDM yang berkarakter produktif dan kompetitif demi mewujudkan Kabupaten Solok Selatan yang maju dan sejahtera. 

Fraksi Gerinda Sumatera Barat Usul Pansus Dugaan Penyelewengan Pajak di Bapenda

"SDM adalah kunci keberhasilan dan kemajuan suatu daerah. SDA Solsel yang terbentang dari utara ke selatan, tidak berarti tanpa didukung tanpa insan berpengetahuan, cerdas, terampil dan kompeten,’’ kata Yulian Efi dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 4 Maret 2023.

Dia bilang, saat ini memang perlu dikembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang mampu mengakomodir program latihan kerja unggulan seperti pertambangan, pertanian, perternakan, industri pangan dan lainnya.

96 Calon Tenaga Kerja di Solok Selatan Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

"Kami mendukung dan mendorong perkembangan BLK Komunitas di Solsel, Empat BLK tersebut adalah BLK Bustanul Huda di Malus, BLK Komunitas di Gaduang, Pinti Kayu dan Pauh duo. Yang mendorong pertumbuhan tenaga kerja, untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai,"ujar Yulian Efi.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda menyebutkan bahwa pemerintah daerah selalu memberi ruang dan kesempatan kepada anak muda, khususnya kegiatan pelatihan oleh Dinas Ketenagakerjaan beserta Kementrian terkait.

Halaman Selanjutnya
img_title