Opini Pelayanan Publik di Solok Selatan Kian Membaik

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Bupati Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat menyebut upaya yang selama ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik diwilayah nya, membuahkan hasil positif. Ombudsman RI menetapkan opini pelayanan publik Solok Selatan kini sudah menjadi Zona Hijau. 

Pasca Debat Pemungkas Pilkada Pessel, Kasus Korupsi PDAM Bikin Heboh Lagi

Selama ini kata Khairunas, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memang terus berupaya menyamakan persepsi dalam standar pelananan publik, khususnya di bidang penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. 

Ini dilakukan untuk memastikan pelayanan publik yang diberikan bisa berjalan maksimal dan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Selasa Besok KPU Sumbar Helat Debat Pamungkas Pilgub Sumbar

Solsel kata Khairunas, terus berbenah dan mengevaluasi setiap pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat. 

"Kita terus melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan, saat ini upaya kita untuk lebih mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi sehingga lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun oleh masyarakat," kata Khairunas, Kamis 27 Juli 2023

Ongkos Tambahan Menanti Penumpang Kereta Api di Sumbar Jika Langgar Aturan Bagasi

Khairunas berharap agar seluruh OPD pengampu pelayanan publik untuk memahami kriteria dan standar layanan publik yang harus kita sediakan.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Sumatera Barat Besri Rahmad mengatakan sudah menjadi tugas dari Disdukcapil untuk menyajikan data kependudukan dan menyelenggarakan pelaksanaan pemberian dukungan kepada penduduk.

"Pelayanan di bidang Dukcapil ini harus sama persepsi yakni dilaksanakan dengan cepat, efektif, efisien, murah, mudah, dan harus standar pelayanannya,"kata Besri.

Kondisi terkini, lanjutnya, masih terdapat lebih dari 300 ribu penduduk Sumatera Barat yang masih belum melakukan perekaman indentitas. Tidak terkecuali di Solok Selatan.

Untuk itu, dibutuhkan sinergi pemerintah hingga kecamatan dan desa/nagari serta OPD terkait agar perekaman identitas penduduk ini bisa terselenggara sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan.

Demi memastikan standar pelayanan Dukcapil di Solok Selatan satu persepsi, Pemkab pun menggandeng sejumlah elemen untuk turut berpartisipasi menerapkan standar pelayanan yang sama. Upaya ini ditandai dengan ditanda tanganinya berita acara kesepakatan uji publik standar pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Beberapa elemen yang digandeng adalah BPJK Kesehatan, Pengadilan Agama, Kantor Kementerian Agama Solok Selatan, BPS, Kantor Urusan Agama (KUA), LKAAM, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solok Sleatan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas P2KB, PP dan PA, KONI, dan pemerintah nagari.