Wabup Solsel Ajak Masyarakat Terapkan Pola Konsumsi Makanan B2SA

Peninjauan Stand B2SA
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Yulian Efi mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayahnya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menkonsumsi makanan yang beragam dan sehat. Untuk memotivasi itu, otoritas setempat pun menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Solok Selatan Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara dan Penghargaan Tenaga Pendidik

"Kegiatan lomba B2SA ini, dalam rangka memeriahkan HUT RI. Ini juga, merupakan upaya kita memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pangan lokal dan penyusunan menu B2SA tingkat kabupaten,"kata Yulian Efi, Jumat 11 Agustus 2023.

Yulian Efi bilang, dengan perbaikan pola konsumsi melalui beragam sumber pangan adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan B2SA untuk menunjang hidup sehat aktif dan produktif. 

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Menurutnya, pola konsumsi masyarakat saat ini masih menunjukan kecendrungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. 

Beras kata Yulian, saat ini masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat. Padahal, konsumsi sumber karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi, kini semakin tergeser sejalan dengan terjadinya perubahan gaya hidup masyarakat.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

"Konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani dan kacang-kacangan masih rendah. Sehingga perlu ditingkatkan. Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA,"ujar Yulian.

Sementara itu, Wakil Ketua TP-PKK Solok Selatan Bet Yulian Efi menyebut jika penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan, merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul.

Halaman Selanjutnya
img_title