Pemkab Solsel Bidik Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum

Bupati Solok Selatan, Khairunas (kiri)
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kini sedang mengupayakan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Untuk merealisasi itu, Bupati Khairunas pun Senin kemarin sudah mengunjungi Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang yang berada dibawah Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Dalam pertemuan ini, Khairunas menyampaikan beberapa usulan bantuan terkait pengelolaan dan pendistribusian air bersih untuk masyarakat melalui program Sistem Penyediaan Air Minum.

"Saat ini pemerintah belum optimal dalam menyediakan kebutuhan air bersih yang menjangkau dan merata kepada seluruh masyarakat. Di Solsel sangat banyak titik sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan namun belum mampu menyediakan sambungan pipa untuk mengalirkannya kepada masyarakat,"kata Khairunas, melalui siaran persnya, Selasa 19 September 2023.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Selain itu kata Khairunas, saluran pipa milik Perusda Air Minum Tirta Saribu Sungai yang mengelola air bersih untuk daerahnya, sudah di rasa perlu dilakukan pembaharuan seiring dengan pengembangan wilayah dan pemukiman masyarakat.

"Kita juga turut menyampaikan terimakasih kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera V yang telah melaksanakan berbagai pekerjaan normalisasi sungai di Kabupaten Solok Selatan. Diantaranya normalisasi Batang Bangko dengan pagu dana sebesar 22M dan Batang Suliti sebesar 72M yang hari ini manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Sungai Pagu dan sekitarnya,"ujar Khairunas. 

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

Menurut Khairunas, uusulan yang disampaikan pihaknya ini senilai Rp. 62,7 Miliar lebih dengan rincian untuk IPA SPAM di Sungai Aro, Sungai Kapur, Pengadaan dan pemasangan pipa transmisi dan distribusi HDPE Pekonina, SPAM IKK Talao, SPAM IKK Air Dingin, SPAM IKK Bangko Padang, emasangan jaringan pipa transmisi dan HDPE Sumber Ampalu dan, pemasangan jaringan pipa transmisi dan HDPE Sumber Sungai Duo.