Hari Pahlawan 2023: Bangkitkan Semangat Melawan Ancaman Penjajahan Modern

Bupati Solok Selatan Khairunas
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Kabupaten Solok Selatan berlangsung khidmat. Upacara ini melibatkan berbagai elemen mulai dari ASN, TNI/Polri, perangkat nagari, hingga siswa tingkat SD/SMP.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan pada Jumat pagi, 10 November 2023. Turut hadir Ketua GOW, Ketua DWP, Anggota DPRD Solok Selatan, hingga Forkopimda Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, Khairunas sebagai pembina upacara menyampaikan Bahia Hari Pahlawan ke-78 ini diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Tema ini kata Khairunas, diangkat untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Penjajahan modern ini tidak lagi menggunakan senjata, tetapi menggunakan cara-cara lain seperti ekonomi, politik, dan budaya.

Untuk itu, Khairunas menegaskan penting disampaikan bahwa tantangan generasi penerus bangsa saat ini adalah untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia secara bijak dan bertanggung jawab.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Menerapkan nilai-nilai seperti keberanian, pengorbanan, dan kerja keras demi membela tanah air.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,"tutupnya.