BBI Pertanian Golden Arm Mulai Beroperasi, Produksi Bibit Sapi Unggul untuk Program Suka Sapi

Ilustrasi Sapi
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) telah memulai operasional pemeliharaan ternak sapi pada Balai Benih Induk (BBI) di Golden Arm.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Pembukaan operasional BBI Golden Arm ini merupakan bagian dari upaya peningkatan perekonomian masyarakat dengan Program Unggulan Satu Keluarga Satu Sapi (Suka Sapi).

Kepala DPKPP, Nurhayati mengatakan, dimulainya operasional ternak sapi di BBI Golden Arm ini merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, yaitu mewujudkan masyarakat Solok Selatan yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya.

Festival Durian Mengguncang Lidah, Pemerintah dan Masyarakat Saling Santap Lezatnya Buah Berduri

"BBI Golden Arm ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber bibit sapi unggul untuk mendukung program Suka Sapi," ujar Nurhayati di Padang Aro, Sabtu 9 Desember 2023.

Nurhayati menjelaskan, perencanan untuk menjadikan BBI Golden Arm sebagai operasional sapi telah dimulai sejak tahun 2022 lalu. Pada tahun tersebut, pemerintah telah membangun sarana perbibitan ternak sapi, seperti rumah penjaga, gudang pakan, dan kandang ternak sapi.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Pada tahun 2023 ini, pemerintah melanjutkan pembangunan sarana tersebut, serta menambah fasilitas berupa green house untuk pembibitan rumput unggul.

"Lahan BBI Pertanian di Golden Arm kurang lebih seluas 6 Ha, saat ini sudah ditanami hijauan pakan ternak berupa rumput unggul jenis odet dan pakchong," kata Nurhayati.

Halaman Selanjutnya
img_title