Parade Baju Kuruang Basiba Sukses Meriahkan HUT ke-20 Kabupaten Solok Selatan

Parade Baju Kuruang Basiba Solok Selatan
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

PadangParade Baju Kuruang Basiba dengan tagline "Solok Selatan Basiba" sukses digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Selatan, Kamis petang kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Solok Selatan bersamaan dengan kegiatan penutupan lomba UMKM Inspiratif.

Solok Selatan Semarakkan Hari Pendidikan Nasional dengan Upacara dan Penghargaan Tenaga Pendidik

Parade diikuti oleh 120 peserta dari unsur Forkopimda, Ketua Unit DWP, dan TP PKK Kecamatan se-Solok Selatan. Mereka mengenakan baju kuruang Basiba dengan beragam motif dan hiasan.

Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas, mengatakan baju kuruang Basiba sarat akan makna dalam bentuknya.

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

"Basiba ini tidak menampakkan lekuk tubuh, seperti besarnya lengan baju untuk memudahkan si pemakai ketika mengambil air wudu," kata Erniati, Jumat 5 Januari 2023.

Erniati juga menjelaskan, bagian kikiek yang disebut daun budi, merupakan pelindung ketiak agar tidak terlihat. Lengan baju lapang artinya segala tindak tanduk perempuan Minangkabau harus sesuai dengan aturan, pandai membawa diri dalam kondisi apapun dan menjaga sopan santun.

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan, Parade Baju Kuruang Basiba merupakan rangkaian peringatan HUT Solok Selatan dan merupakan aktualisasi ragam kekayaan budaya Solsel.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya Minangkabau, khususnya baju kuruang Basiba," kata Khairunas.

Halaman Selanjutnya
img_title