Polda Sumatera Barat Cegah Radikalisme: Mantan Anggota NII Beri Kesaksian

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan bersama Mantan NII
Sumber :
  • Humas Polda Sumbar

Padang – Polda Sumatera Barat (Sumbar) memberikan upaya serius dalam pencegahan radikalisme dengan menggelar acara sosialisasi di Rumah Kebangsaan. Tujuannya adalah untuk melindungi masyarakat dari ancaman terorisme, radikalisme, dan intoleransi.

 

Mantan anggota NII, Dafrizal, mengungkapkan bahwa salah satu pemicu radikalisme adalah kurangnya pemahaman tentang agama. Ia menekankan pentingnya masyarakat mendapatkan pencerahan dari ulama yang mengajarkan perdamaian.

 

"Islam mengajak kita pada Rahmatan Lil Alamin, di mana siapa pun, dari agama apa pun, bisa hidup berdampingan dengan Islam. Orang-orang yang terpengaruh oleh radikalisme ingin merubah sistem kenegaraan. Dengan bimbingan dari ulama yang mendorong perdamaian, kita bisa mencegah radikalisme," kata Dafrizal.

 

Dafrizal juga menceritakan pengalaman pribadinya saat pertama kali terpapar paham radikalisme pada tahun 2002, ketika ia masih di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selama menjadi anggota NII, ia menyaksikan perbedaan keyakinan agama kelompok tersebut dengan ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar.