50 Persen Anak Terjangkit Ginjal Misterius Akut Di Sumbar Alami Diare

Ilustrasi Anak Sakit
Sumber :
  • istockphoto

Padang – Dinas Kesehatan Sumatera Barat merilis, dari total 22 kasus temuan penyakit ginjal misterius akut yang menyerang anak-anak, 12 pasien diantaranya, terkonfirmasi meninggal dunia. Dari 12 anak yang meninggal itu, 10 di antaranya meninggal di RSUP M Djamil. Di Ranah Minang, penyakit ini, sudah terdeteksi sejak Juli 2022.

Penanggung Jawab Ruang Emergency RSUP M. Djamil Padang, dr. Indra Ihsan menjelaskan, rata-rata pasien anak dengan gejala ginjal akut misterius ini mempunyai riwayat demam. Bahkan, 50 persen diantaranya terpapar diare dan gangguan ispa.

“Rata-rata punya riwayat demam. 50 persen diantaranya terpapar diare dan Ispa,”kata dr. Indra Ihsan, Jumat 21 Oktober 2022.

Ilustrasi Ginjal

Ilustrasi Ginjal

Photo :
  • Photo : U-Report

Indra melanjutkan, pihaknya sudah mengirimkan sampel ke laboratorium di Jakarta. Hasil dari sampel masing-masing pasien berbeda-beda. Yang jelas anak-anak itu belum menerima vaksinasi Covid-19. Diduga, 50 persen anak–anak ini telah terpapar Covid-19 tetapi tanpa bergejala.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Barat Lila Yanwar bilang, saat ini terdapat empat orang yang masih dirawat di RSUP M Djamil Padang. Seluruh pasien tersebut di bawah pengawasan langsung tim Satgas Gagal Ginjal Akut yang telah dibentuk Dinkes Sumbar

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/732-12-anak-di-sumbar-terkonfirmasi-meninggal-akibat-ginjal-akut-misterius