Padang Panjang Diusulkan Jadi Nominator ASEAN Smoke-Free Award 2023

Ilustrasi Rokok
Sumber :
  • stockphoto

Padang – Wakil Walikota Padang Panjang, Sumatera Barat, Asrul menyebut jika saat ini kota Padang Panjang bersama kota Solok dan Sawahlunto sedang diusulkan menjadi nominator ASEAN Smoke-Free Award (ASA) 2023.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Menurut Arsul, dasar diusulkannya Padang Panjang sebagai nominator ASA 2023, lantaran selama ini kota berjuluk Serambi Mekkah ini sudah memiliki Perda Kawasan Tertib Rokok (KTR) sejak 2009. Perda itu, kemudian direvisi lagi pada 2014.

"Tim Monev ASA sudah berkunjung ke Padang Padang untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Tim Monev terdiri dari perwakilan Kemenkes dan Kemendikbud Ristek,"kata Asrul, Kamis, 3 Agustus 2023.  

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Dijelaskan Asrul, saat berkunjung ke Padang Panjang, tim monev melakukan pengecekan ke lokasi-lokasi lima tatanan yang ada tertuang dalam Perda KTR diantaranya, fasilitas layanan kesehatan, pendidikan, tempat bermain anak, tempat ibadah dan angkutan umum. 

"Alhamdulillah, Padang Panjang sudah menerapkan tidak boleh ada iklan rokok sejak 2009 dan berjalan sampai hari ini dan merupakan kota pertama yang menerapkan ini,"ujar Asrul.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Usai kunjungan ini, tim monev kata Asrul, akan melakukan evaluasi dan mendiskusikan kembali di Kemenkes untuk selanjutnya diumumkan kota mana yang akan diajukan ke penilaian tingkat Asean 2023.