BRIN Kunjungi Diniyyah Puteri, Pelajari QUBA Curriculum dan Dorong Inovasi Pendidikan

Kunjungan BRIN di Diniyyah Puteri
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kunjungan ke Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Kunjungan yang dilakukan pada Rabu kemarin, bertujuan untuk mempelajari sistem pendidikan QUBA Curriculum yang diterapkan di sekolah tersebut dan mendorong kerjasama dalam bidang inovasi pendidikan.

Pimpinan Diniyyah Puteri, Fauziah Fauzan El Muhammady menyebut dalam pertemuan tersebut, pihaknya menjelaskan secara detail tentang QUBA Curriculum yakni, sistem pendidikan yang diterapkan di Diniyyah Puteri. Kurikulum ini berfokus pada nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah, tanpa ranking kelas dan PR.

"Kurikulum ini dirancang untuk memperhatikan kesesuaian antara usia kronologis dan biologis siswa. Serta memastikan setiap siswa berkembang sesuai dengan potensinya dalam 25 domain penilaian yang berbeda,"kata Fauziah, Jumat 21 Juni 2024.

Kepala Pusat Riset Pendidikan BRIN, Dr. Trina Fizzanty bilang bahwa kunjungan ini juga bertujuan untuk memahami berbagai prestasi dan inovasi yang telah dihasilkan santri Diniyyah Puteri dalam berbagai bidang, termasuk sains, teknologi, robotika, dan literasi.

"Penghargaan yang diterima sekolah ini, baik di tingkat nasional maupun internasional, menegaskan komitmen mereka dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan berprestasi," ujar Trina Fizzanty.

Trina pun berharap, dengan adanya kunjungan ini dapat membuka peluang kerjasama antara BRIN dan Diniyyah Puteri dalam bidang inovasi pendidikan. Kerjasama ini, diharapkan dapat mendorong pengembangan pendidikan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia.

"BRIN memiliki jaringan sebanyak 11.000 peneliti dari beragam bidang, dan sekitar 65 di antaranya secara khusus fokus pada bidang pendidikan. Kami berharap dapat bekerjasama dengan Diniyyah Puteri untuk mengembangkan inovasi pendidikan yang bermanfaat bagi anak bangsa," tutupnya.