Kebakaran Lahan Gambut di Kabupaten Mempawah Meluas

Kebakaran lahan gambut di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat
Sumber :
  • Ngadri

Padang - Musim panas kebakaran hebat melanda puluhan hektare lahan gambut di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat pada Selasa, 21 Februari 2023. Hingga saat ini Polres Mempawah bersama tim gabungan masih terus berjibaku melakukan pemadaman api.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membakar lahan memasuki musim panas/kemarau karena dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan yang tidak terkontrol.

"Melihat cuaca yang sudah memasuki musim panas, diimbau juga kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan, karena nantinya tidak terkontrol yang mengakibatkan lahannya terbakar sehingga mengakibatkan karhutla dan kabut asap di Kabupaten Mempawah,"kata Fauzan dikutip pada Rabu, 22 Februari 2023.

Warga Lumajang Mengungsi Mandiri Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, 3 Jembatan Rusak

Lahan gambut seluas 2 hektare di Kabupaten Mempawah terbakar

Photo :
  • Ngadri

Dia menambahkan, bahwa hingga saat ini Personelnya terus melakukan pemantauan dan proses pemadaman di lokasi karhutla.

Gunung Api Ruang Meletus Dahsyat

"Polres Mempawah, Polsek, BPBD, Manggala Agni, dan tim lainnya kita terus melakukan patroli, dan pantauan lokasi karhutla untuk melakukan tindakan pemadaman. Kita juga melihat dari aplikasi dimana spot-spot karhutla untuk nantinya di petakan dan kita ambil tindakan cepat pemadaman," tambahnya.

Lebih lanjut, Fauzan mengatakan sanksi bagi warga yang kedapatan terbukti melakukan pembakaran lahan sehingga mengakibatkan karhutla, Kapolres Mempawah menegaskan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan mengenai hal tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title