Momen World Mangrove Day, Pertamina Tanam Seribu Bibit Mangrove

Penanaman Mangrove di Taluak Buo
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Seribu bibit mangrove ditanam Pertamina Patra Niaga Sumbagut di Taluak Buo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus, kota Padang sebagai upaya melindungi pantai dari abrasi dan menjaga keanekaragaman hayati.

Horee, Harga BBM Non Subsidi di Sumbar Turun 

Penanamam kelompok tumbuhan dari genus Rhizophora dalam famili Rhizophoraceae itu, mengambil momen World Mangrove Day (Hari Mangrove Dunia) di Desa Wisata Taluak Buo, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis kemarin.

“Sejak lima tahun ini, kami sudah mulai membantu pengembangan mangrove di Taluak Buo. Sekarang, hutan mangrove di kawasan ini sudah tumbuh dengan baik dan terlihat sangat hijau,” kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, Kamis 2 Agustus 2024.

Hendri Septa Kembangkan Potensi Setiap Kecamatan, Goa Pandayo Terbukti Maju

Kata Freddy Anwar, Taluak Buo merupakan salah satu desa wisata yang memang mendapatkan perhatian dari Pertamina sejak lama. Setelah melihat potensi yang ada, kita berkomitmen membantu dan membina desa ini agar dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat setempat.

"Seribu bibit mangrove yang ditanam ini, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan. Dua tahun lalu kita melakukan hal yang sama,"ujar Freddy.

Asosiasi Pokdarwis Kabupaten Lima Puluh Kota Resmi Dikukuhkan

Freddy menegaskan bahwa, keberadaan mangrove di Taluak Buo memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama bagi nelayan yang memanfaatkan hutan mangrove untuk menangkap ikan dan kepiting. Selain itu, mangrove juga berperan penting dalam melindungi pantai dari abrasi.

“Kami tidak hanya fokus pada manfaat ekonomi, tetapi juga pada perlindungan pantai dari abrasi, yang membantu menjaga kelestarian kawasan Taluak Buo,” kata Freddy.

Halaman Selanjutnya
img_title