Pelatih Persija Asal Jerman Kepingin Ikut Berpuasa

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll
Sumber :
  • Doc. Persija

PadangPelatih Persija Jakarta asal Jerman, Thomas Doll menyebut jika puasa ramadan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, dia mengaku tertarik untuk menjalani ibadah umat islam tersebut. 

Momogi Tanamkan Jiwa Peduli Sesama pada Anak-Anak di Bulan Ramadan

"Saya pikir saat kita tidak terlalu banyak mengonsumsi sesuatu maka kepala kita akan lebih jernih. Selain itu orang yang berpuasa akan merasa lebih baik, mempunyai kekuatan, dan energi lebih,"kata Doll sebagaimana dikutip dari laman viva, Jumat 24 Maret 2023.

Meski ini merupakan kali pertama Thomas Doll melatih di bulan ramadan, namun dia mengungkapkan, puasa ramadan bukanlah kendala bagi timnya. Dia hanya butuh memindahkan latihan rutin pagi dan sore hari ke malam hari. 

Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Kota Padang Dimulai

"Menurut saya manfaat puasa sangat bagus. Bukan dari turunnya berat badan saja, namun juga untuk membersihkan segalanya. Kita akan lihat mungkin suatu saat saya akan mencoba melakukan puasa. Hampir seluruh pemain di sini berpuasa. Saya pikir kenapa pelatihnya tidak ikut mencoba,"katanya. 

Bahkan, Doll juga sudah memikirkan 'strategi' untuk berpuasa. Sebab, jangan sampai puasa malah menyebabkan munculnya isu kesehatan yang tidak diinginkan.

87.304 Pelajar Ikuti Pesantren Ramadan di Kota Padang

"Cuma saya harap tidak terlalu banyak makan di malam harinya karena metabolisme saya berbeda jauh dengan pemain. Sebab, mereka semua masih muda,"tutup Doll.