Exco PSSI Benarkan Proses Naturalisasi Maarten Paes Terkendala

Calon kiper Timnas Indonesia Maarten Paes saat membela FC Dallas
Sumber :
  • AP Photo/Julio Cortez

Padang – Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga membenarkan proses naturalisasi calon kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes terkendala. Meski demikian, PSSI masih terus berusaha sampai Paes mendapatkan status WNI.

Skuad Garuda Diperkuat Nathan Tjoe-A-on Jelang Laga Pembuka Piala Asia U-23 2024

Maarten Paes dikabarkan terancam batal dinaturalisasi karena aturan FIFA soal player eligibilty. Di mana jika seorang pemain masih bisa membela timnas negara baru asalkan tidak memainkan pertandingan level apapun bersama negaranya yang sekarang sebelum usia 21 tahun.

"Ini banyak banget isu yang berseliweran tentang Maarten Paes. Mungkin ada seorang pengamat sepak bola yang menyampaikan. Kami meluruskan ya," kata Arya dalam rilis yang diterima awak media. 

Seleksi Tahap Pertama Pemain untuk Timnas Indonesia U-16 Rampung

"Ya memang ada kendala di sana karena pada dia usia 22 tahun masih membela salah satu negara anggota FIFA. Tapi PSSI saat ini tetap proses Paes sampai mendapatkan warga negara Indonesia (WNI)," ucap Arya.

Arya menjelaskan, PSSI akan melakukan langkah demi langkah yang terbaik demi proses Paes menjadi WNI. "Setelah itu baru langkah-langkah berikutnya bisa dilakukan. Jadi tahapan tahapan apakah kita berunding atau apa namanya atau melakukan proses-proses yang memang sudah sesuai dengan ketentuan FIFA akan kita lakukan tapi dengan syarat Paes harus tetap diproses sampai WNI," ucap Arya.

Nova Arianto Ditunjuk Arsiteki Timnas U-16

"Karena kita PSSI hanya bisa melakukan langkah langkah tahapan proses ke FIFA lebih lanjut untuk men-challenge yang regulasi mereka miliki dengan cara Paes menjadi WNI. Kalau belum ya kita tidak punya hak lebih jauh untuk itu," ucapnya.

Paes memiliki darah keturunan dari sang nenek yang merupakan darah keturunan Maluku. Dia lahir di Nijmagen, Belanda, pada 14 Mei 1998 dan saat ini tengah berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat, FC Dallas.

Halaman Selanjutnya
img_title