Bocor, 9 Syarat Perpanjangan Kontrak Messi yang Membuat Barca Bangkrut

Mantan pemain Barcelona Lionel Messi
Mantan pemain Barcelona Lionel Messi
Sumber :
  • Photo : Barcelona

p>Padang – Kabar mengejutkan datang dari Lionel Messi. Dia disebut mengajukan sembilan syarat yang harus dipenuhi guna memperpanjang kontraknya bersama Barcelona pada 2020 silam.

Nama Messi memang sudah sangat lekat dengan Barcelona. Keduanya seakan menjadi satu kesatuan.

Dikutip dari VIVA.CO.ID, penyerang asal Argentina itu menjadi ikon klub selama hampir 20 tahun. Bagaimana tidak, klub itu dibelanya sejak dari akademi dan berharap bakal pensiun di sana.

Sayangnya, keinginan itu pupus. La Pulga terpaksa pergi dari Camp Nou pada 2021 silam. Kontraknya gagal diperpanjang lantaran Barcelona terkena masalah finansial.

Sehingga, LaLiga tak menyetujui perpanjangan kontrak tersebut dan Messi pun hijrah ke Paris Saint-Germain. Namun, upaya menahan kepergian Messi juga sudah dilakukan pada 2020. Tapi, kala itu kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan.

Bahkan, Barca dan Messi sempat berseteru soal masalah tersebut. Tapi, pada akhirnya Messi memutuskan bertahan dan menghabiskan sisa kontraknya bersama Barcelona.

Ternyata, baru diketahui alasan mengapa Messi dan Barcelona tak mencapai kata sepakat. Sebab, Blaugarana dinilai tak bisa memenuhi sembilan syarat yang diajukan pemain 35 tahun itu. Hal itu dibocorkan oleh media Spanyol, El Mundo. 

Berikut isi dari sembilan persyaratan tersebut: 

1. Perpanjangan kontrak selama 3 tahun ditambah opsi perpanjangan tambahan Pada saat itu, usia Messi masih 33 tahun. Performanya juga masih di level tertinggi. Maka, permintaan itu dirasa wajar. 

2. Meminta ruangan khusus untuknya dan Luis Suarez Messi meminta disediakan ruangan VVIP di Camp Nou hanya untuk keluarganya dan Luis Suarez saja. 

3. Bonus perpanjangan kontrak sebesar 10 juta euro 

4. Perubahan nominal klausul pelepasan Messi sebelumnya memiliki klausul pelepasan sebesar 700 juta euro. Namun, dia mau nominalnya diubah hanya menjadi 10 ribu euro saja pada kontrak barunya untuk memudahkannya menentukan klub baru jika menginginkannya.

5. Pengembalian uang pemotongan gaji ditambah bunga Kala itu, seluruh pemain merasakan pemotongan gaji akibat pandemi COVID-19. Nah, Messi mau uang pemotongan dibayar kembali disertai bunga sebesar tiga persen. 

6. Meminta pesawat jet pribadi 

7. Messi meminta Barcelona menaikkan gajinya jika pemerintah menaikkan pungutan pajak. Jadi, bayarannya tetap utuh. 

8. Messi meminta asisten pribadinya yang bernama Pepe Costa tetap dipertahankan. 

9. Messi juga meminta Barcelona memberikan komisi bagi kakaknya, Rodrigo, dari perpanjangan kontraknya bersama Barcelona. 

Dari seluruh persyaratan tersebut, Josep Maria Bartomeu sebagai Presiden Barcelona kala itu, menyanggupi sebanyak tujuh poin.

Sementara, dua lainnya tak diakomodir. Antara lain permintaan bonus sebesar 10 juta euro serta perubahan nominal klausul pelepasannya. 

Namun, seperti yang diketahui bersama, Messi akhirnya pergi setahun berselang ke PSG. Dia kini memasuki musim keduanya bersama Les Parisiens dan berpotensi menambah masa bakti di sana.