Lahan Pertanian Warga Dihujani Abu Vulkanik Marapi

Paparan Abu Vulkani Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Hujan abu vulkanik akibat letusan gunung Marapi, terjadi. Bahkan sudah menghujani lahan pertanian warga di Nagari Padang Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar, Rabu 11 Januari 2023. Meski demikian, belum berdampak signifikan terhadap aktivitas pertanian warga setempat. 

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

"Benar, ada abu vulkanik. Tapi, masih tipis dan tidak mengganggu aktivitas pertanian. Kalau tipis-tipis begini, malahan bagus buat pertanian kami. Ulat yang ada ditanaman, bisa mati karena abu ini,"kata Syafrial, Warga Padang Laweh, Rabu 1 Januari 2023.

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/1006-waspada-erupsi-gunung-marapi-sumbar-kian-besar

Warga Lumajang Mengungsi Mandiri Pasca Banjir Lahar Dingin Semeru, 3 Jembatan Rusak

Namun kata Syafrial, meski baik buat tanaman dilahan pertanian, kejadian hujan abu vulkanik ini sedikit berpengaruh terhadap pakan ternak warga. Warga, harus mencuci bersih dulu pakan rumput yang diambil sebelum diberikan ke hewan ternak. Jika tidak, maka hewan ternak bisa sakit.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

"Hujan abu tak baik buat pakan ternak. Jika hewan ternak mengkonsumsi rumput yang terpapar abu vulkanik, maka ternak bisa saja sakit. Rumput yang tertutup abu itu tidak bagus untuk dimakan ternak, bisa sakit. Harus dicuci atau disiram dulu rumputnya,"tutup Syafrial.

Diketahui, aktivitas vulkanologi gunung Marapi, Sumatra Barat terus mengalami peningkatan. Total, tercatat sudah sebanyak 138 kali Marapi mengalami erupsi. Meski demikian, status gunung marapi saat ini masih berada di level II atau waspada.