Semburan Abu Vulkanik Bikin CCTV Tak Bisa Rekam Visual Erupsi 

Erupsi Marapi
Sumber :
  • PVMBG

Padang – CCTV yang dipasang untuk merekam visual aktivitas erupsi gunung Marapi, Sumatra Barat dilaporkan tertutup abu vulkanik sejak beberapa hari terakhir. Sehingga, tidak mampu merekam visual kejadian erupsi dengan baik. Meski demikian, secara umum pengamatan aktivitas vulkanologi Marapi tetap normal  

Banjir Terjang Lima Kecamatan di Soppeng, 2.957 Jiwa Terdampak

"CCTV yang didekat kawah tertutup abu vulkanik. Secara tangkapan visual erupsi, tidak bisa teramati dengan baik. Jarak antara CCTV dengan kawah hanya 150 sampai 200 meter,"kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi, Sumatra Barat, Ahmad Rifandi, Rabu 18 Januari 2023.

Pun dengan CCTV yang ada di menara kantor PGA, menurut Ahmad juga tidak bisa merekam visual kejadian erupsi Marapi secara sempurna terus menerus lantaran kondisi Marapi tertutup kabut terutama saat erupsi terjadi. 

Satu Warga Tewas Akibat Banjir Sidenreng Rappang 

"Kita punya dua CCTV. Satu dipasang di dekat kawah dan satu unit di menara yang ada di kantor. Kalau yang dikantor aman, hanya saja gunung kerap tertutupi kabut,"ujar Ahmad Rifandi.

Ahmad melanjutkan, pihaknya baru akan melakukan pembersihan dan perawatan CCTV yang ada di area kawah Marapi, apabila sudah dirasa aman dan erupsi tidak lagi terjadi. Untuk sementara waktu, dibiarkan saja dulu.

Banjir dan Longsor di Luwu Telan 14 Korban Jiwa, 1.385 KK Terdampak

"Nanti dibersihkan jika sudah tidak erupsi lagi dan kondisi sudah aman,"tutup Ahmad Rifandi.