Abu Vulkanik Merapi Mengarah ke Barat Laut

Erupsi merapi
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan melaporkan jika awan panas guguran gunung merapi yang terjadi pada pukul 12.12 WIB, Sabtu 11 Maret 2023, juga memicu abu vulkanik yang mengarah ke barat laut utara. Petugas Pos Babadan, Yulianto dalam sambungan telepon mengatakan Pos Babadan mulai terdampak abu vulkanik cukup tebal.

Gempabumi Magnitudoo 4.4 Kabupaten Batang Bikin Rusak Rumah dan Korban Jiwa

"Kalau APG nya mengarah ke Barat Daya, ke Kali Bebeng dan Krasak. Tapi kalau abu vulkanik ke arah barat laut utara. Karena faktor angin, ya. Kalau Pos Babadan, saat ini sudah pasti terdampak APG. Ini cukup tebal," kata Yulianto, Sabtu 11 Maret 2023.

Yulianto bilang, ia juga telah menerima laporan beberapa lokasi yang juga terdampak abu vulkanik. Adapun rinciannya, Desa Mangunsuko, Desa Dukun, Desa Paten dan Desa Sengi di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang

Dua Orang Meninggal Dunia Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Blitar

Berikutnya Desa Wonolelo dan Desa Krogowanan di Kabupaten Magelang. Selanjutnya Desa Klakah dan Desa Tlogolele di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/1430-gunung-merapi-muntahkan-awan-panas-guguran

Pasutri Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas Istri Luka-Luka

Terkait pengungsian, Yulianto belum menerima adanya laporan warga yang mengungsi di wilayah yang terdampak abu vulkanik tersebut. Yulianto menjelaskan bahwa pihaknya bersama BPPTKG akan memberikan rekomendasi kepada warga sekitar untuk mengungsi apabila cakupan wilayah awan panas guguran beserta abu vulkanik berkembang dalam beberapa event dan jaraknya lebih jauh dari 7 kilometer.

"Ini kan baru terpantau satu kali event. Terjadi 5-6 kali guguran. Kalau cakupannya terus berkembang dan jaraknya lebih jauh dari 7 kilometer maka besar kemungkinan akan ada rekomendasi kepada warga agar mengungsi,"ujar Yulianto.

Halaman Selanjutnya
img_title