Polda Kalbar Tangkap 5 Warga Panen Sawit Dilahan Transmigrasi

Warga Desa Sebunga Kabupaten Sambas Dewi Rest
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

PADANG - Raut wajah pilu terlihat di wajah 5 ibu-ibu warga Transmigrasi Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas Perbatasan Malaysia. Karena suami yang dicintai dan sebagai tulang punggung ditangkap Polisi karena diduga mencuri buah sawit.

Polri Buka Hotline Khusus Informasi Penerimaan Anggota Baru 

Dengan berlinangan air mata Dewi Rest menceritakan detik-detik suami yang dicintai di tangkap oleh orang yang mengaku sebagai Kopasus kebun PT Teluk Keramat yang berada di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Lantas dari penangkapan tersebut suaminya dibawa ke Polda Kalbar dan di lakukan penahanan.

"Awalnya suami saya ditangkap oleh orang yang mengaku Kopassus kebun dan anggota Sabhara dengan tuduhan mencuri buah sawit dan langsung dibawa ke Polda Kalbar. Kejadian tersebut pada bulan Maret 2023,’’ujar Dewi kepada VIVA Senin, 10 April 2023.

Aiman Witjaksono Laporkan Penyidik Polda Metro Jaya ke Propam dan Komnas HAM

Dia menambahkan, selain suaminya ada juga warga lainya sebanyak 4 orang yang ditangkap dan di bawa ke Polda Kalbar. Keempat warga tersebut adalah Z, B, D,H dan S. ‘’Selain suami saya ada 4 orang warga Desa Sebunga yang ditangkap polisi karena dituduh mencuri buah sawit. Padahal kebun sawit tersebut dilahan Transmigrasi yang sudah bersertipikat,’’tambah Dewi.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, awal mula sampai suaminya ditangkap Kopasus kebun PT Teluk Keramat bermula suaminya diminta oleh 4 warga untuk melangsir buah sawit yang di panen oleh warga di lahan HPL. Dan setelah dalam perjalanan pulang di cegat oleh orang yang mengaku Kopassus kebun dan anggota Sabhara yang kemudian mobil pick up dan buah sawit di bawa ke kantor PT Teluk Keramat

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

‘’Awalnya suami saya di rumah lantas datang warga meminta melangsir buah sawit yang di panen warga di lahan HPL dan lahan tersebut merupakan lahan Transmigrasi yang sudah di bagikan kepada warga sebanyak 137 kepala keluarga dan lahan tersebut seluas 200 Hektare,’’katanya.

Ditambahkan oleh Dewi, untuk mencari keadilan dia bersama 4 warga lainya yang suaminya di tahan di Polda Kalbar telah mendatangi Mabes Polri untuk bertemu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kadiv Humas. Dan saat tiba di Mabes Polri diterima dengan baik.

Halaman Selanjutnya
img_title