Delegasi Kepolisian Kamboja Belajar Pemberdayaan Polwan dan Pengarusutamaan Gender di Mabes Polri

Kunjungan Delegasi Kepolisian Kamboja ke Mabes Polri
Sumber :
  • Humas Mabes Polri

Padang –  Delegasi Kepolisian Kamboja yang dipimpin Wakil Komisaris Jenderal Kepolisian Nasional Kamboja, Pol. Lt. Gen. Ros Chansophea, mendatangi Mabes Polri. Kedatangan delegasi sejak Rabu kemarin, dalam rangka mempelajari dan bertukar pengalaman soal pemberdayaan Polisi Wanita (Polwan) dan pengarusutamaan gender di lingkungan Polri. 

Bagaimana Nasib Penganten Baru Usai Ratusan Buku Nikah di Payakumbuh Barat Digondol Maling

"Delegasi Kamboja datang untuk studi banding, khususnya dalam hal rekrutmen Polwan, kepemimpinan perempuan, dan strategi Polri dalam menghadapi tantangan tugas ke depan, terutama terkait Gender-based violence (GBV)," kata Pakor Polwan RI, Brigjen. Pol.Desy Andriani, Kamis 11 Juli 2024.

Lebih lanjut, Brigjen. Pol. Desy menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan hasil kerjasama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC). Beliau juga menyampaikan komitmen Polri terhadap inklusivitas, yang dibuktikan dengan dibukanya kesempatan bagi penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan tertentu untuk mengikuti seleksi menjadi anggota Polri.

Fakta Mengejutkan Kasus Bunuh Diri Dokter Aulia Risma Lestari, Diperas Dokter Senior Hingga Puluhan

Pol. Lt. Gen. Ros Chansophea mengungkapkan ketertarikannya terhadap berbagai inisiatif Polri, seperti sosialisasi pengarusutamaan gender, pelatihan dan mentoring gender, serta penyediaan tunjangan khusus dan fasilitas bagi Polwan.

Delegasi Kamboja kata Ros, juga mempelajari tentang jaringan Polwan Indonesia dan partisipasi Indonesia dalam International Association of Women Police (IAWP), yang mengantarkan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meraih penghargaan Male Award in Support He for She UN Campaign di Auckland, Selandia Baru pada tahun 2023.

Hendri Septa dan Hidayat "Dihadang" Penyandang Disabilitas Hingga Anak Panti Asuhan

"Kami sangat tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang isu Gender-based violence dan pengarusutamaan gender di Polri. Saya yakin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan antara kedua lembaga kepolisian ini dapat terjalin," tutup Pol. Lt. Gen. Ros Chansophea.