Recaka Musik Lampung Vakal Bikin Meriah Way Halim

Festival musik Lampung
Sumber :
  • Humas Kemendikbud

Padang – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen untuk memajukan dan memperkuat ekosistem musik di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI).

Kemendikbudristek Bikin Festival Kurikulum dan Anugerah Merdeka Belajar

FMTI ini, diharapkan dapat mengangkat potensi musisi tradisi di setiap daerah dan mendorong pelestarian musik tradisi agar tetap dicintai masyarakat, khususnya generasi muda.

Pada tahun 2024, FMTI akan digelar di tiga lokasi, yaitu Lampung, Tidore, dan Samarinda. Salah satu lokasi yang akan menyelenggarakan FMTI adalah Lampung, yang akan bertajuk Recaka Musik Lampung. Acara ini akan dilaksanakan di Way Halim, Bandar Lampung, pada 13 hingga 14 Juli 2024.

Indonesia dan Prancis Perkuat Kerja Sama bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan komitmen pemerintah untuk terus melestarikan dan mengembangkan musik tradisi Indonesia. 

"Musik tradisi merupakan bagian dari identitas bangsa dan penting bagi kita semua untuk melestarikannya," kata Nadiem, Senin 8 Juli 2024.

Konser Kolaborasi Lestarikan Gending Karawitan Jawa di Pacitan

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengajak generasi muda Lampung untuk lebih mengenal dan memahami musik tradisi daerahnya. 

"Dengan begitu, akan muncul rasa memiliki dan mencintai untuk terus melestarikan musik tradisi daerah sebagai salah satu kekayaan Indonesia," kata Mahendra.

Halaman Selanjutnya
img_title