Papua Tengah Dilanda Cuaca Ektresm, BNPB Distribusikan Ribuan Kilogram Paket Bantuan

Pendistribusian Bantuan Logistik di Papua Tengah
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendistribusikan 5.228 kilogram bantuan logistik dan peralatan untuk mempercepat penanganan darurat bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Papua Tengah.

Update Gempa Garut: 267 Bangunan Rumah Dilaporkan Rusak

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari 3.844 kilogram diantaranya didistribusikan melalui Bandara Sinak dan sisanya yakni, 1.384 kilogram melalui Bandara Agandugume.

"Secara rinci bantuan yang telah dikirimkan melalui Bandara Sinak antara lain 380 paket sembako, 175 lembar matras, 100 lembar selimut, 7 unit genset dan 60 unit tenda gulung. Sementara bantuan yang dikirim melalui Bandara Agandugume sebanyak 135 paket sembako dan 300 lembar matras,"kata Abdul Muhari, Senin 7 Agustus 2023.

Dampak Gempa Garut Bertambah, 110 Rumah Rusak dan 8 Orang Luka

Dia bilang, dukungan bantuan logistik ini akan terus dilakukan selama masa tanggap darurat bencana kekeringan Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. Tak hanya itu, BNPB juga terus memantau hingga distribusi logistik sampai kepada warga yang membutuhkan.

Selain itu kata Abdul Muhari, BNPB juga telah melakukan identifikasi awal lokasi yang memungkinkan untuk dibangun gudang logistik di sekitar kawasan Bandara Agandugume. Identifikasi awal ini dilakukan BNPB bersama BPBD dan perwakilan masyarakat untuk diputuskan secara bersama-sama. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Rencana pembangunan gudang logistik ini sebelumnya disampaikan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy pada saat mengantarkan bantuan melalui Bandara Sinak. Agar masyarakat Kabupaten Puncak juga memiliki cadangan pangan saat cuaca ekstrim berulang di masa depan,"tutup Abdul Muhari.