Momen HUT RI ke-78, Presiden Joko Widodo Kenakan Baju Adat  Ageman Songkok Singkepan Ageng

Presiden Joko Widodo (tengah kanan)
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Presiden Joko Widodo dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI atau pengibaran Sang Saka Merah Putih pada Pukul 10.00 WIB, Kamis 17 Agustus 2023. Dengan mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng, Jokowi tampak melayani pengunjung yang ingin berswafoto.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.  

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Langkah, Antisipatif Menuju Implementasi Program Unggulan

Menggunakan pakaian adat, kerap kali dilakukan oleh Presiden Jokowi, selama menjabat sebagai Presiden RI dalam peringatan-peringatan seperti HUT RI ini. Kemarin, dalam Pidato Kenegaraan di MPR/DPR/DPD RI, Presiden juga menggunakan baju adat Tanimbar Maluku. Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengunggah di akun media sosialnya. Masyarakat diminta untuk menebak, pakaian adat apa di HUT RI ke-78 yang digunakannya.

"Selamat pagi. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia besok akan lebih meriah. Masyarakat ikut terlibat serta mengikuti kegiatan perayaan di istana. Selain Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, akan ada pertunjukan musik dan lagu, atraksi pesawat udara, dan lain-lain," tulus Jokowi di akun instagram pribadinya @jokowi seperti dikutip VIVA, Rabu, 16 Agustus 2023. 

Presiden Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Losari Makassar

Peringatan hari kemerdekaan di Istana Merdeka, kata Jokowi, akan dilaksanakan lebih pagi. Selain itu pula, para peserta dan undangan yang datang ke Istana akan memakai busana nasional dari berbagai daerah.

Presiden Jokowi juga menyinggung soal baju adat yang akan dipakai untuk acara peringatan hari kemerdekaan besok. Ia meminta agar masyarakat menebak baju adat apa yang akan dikenakannya.

Halaman Selanjutnya
img_title