Ribuan Siswa Beradu Kemampuan di Ajang Olimpiade Sains Nasional

Olimpiade Sains Nasional di Bogor
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – 1.475 siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar (SD/MI) dan pendidikan menengah (SMP/MTs dan SMA/MA) di 38 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di lima negara, bakal beradu kemampuan menunjukkan bakat dan potensinya dalam bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 di Bogor, Jawa Barat

Kemendikbudristek Klaim Program Prioritas Terimplementasi dengan Baik di Nusa Tenggara Barat

Menurut Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, ajang OSN yang diselenggarakan sejak kemarin hingga 2 September 2023 ini, bertujuan mengidentifikasi talenta-talenta muda Indonesia yang unggul di bidang sains. Kegiatan ini, merupakan program Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

"Adik-adik yang hadir saat ini merupakan para pemenang dan talenta-talenta terbaik, mutiara yang ada dari ujung Aceh sampai ujung Papua,"kata Tatang Muttaqin melalui siaran persnya, Selasa 29 Agustus 2023.

Program LDSP Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital 80.000 ASN Kemendikbudristek

Tatang berharap, kegiatan OSN ini mampu menjadikan kompetisi yang memiliki daya dorong mewujudkan karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta Tanah Air. Untuk itu, kata Tatang, Kemendikbudristek menghadirkan kompetisi seperti ini untuk menyiapkan karakter generasi muda yang kokoh, yang siap berkompetisi, dan terus meningkatkan kompetensinya untuk masa depan yang lebih baik. 

"Pengetahuan talenta merupakan sebuah kekuatan, namun karakter juga menjadi lebih penting. Atmosfer kompetisi akan semakin tumbuh dan semakin sehat sehingga melahirkan budaya yang saling memperkuat, kolaboratif, dan mungkin budaya silih asah, silih asih, dan silih asuh yang dapat berlanjut di sekolah dan didukung oleh seluruh pemangku kepentingan,"ujarnya. 

Kemendikbudristek Luncurkan Modul Pelatihan Berjenjang Pendidikan Inklusif 

Terpisah, pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Hendarman, menyampaikan, melalui ajang OSN kemampuan dan talenta peseta didik dapat diidentifikasi, dipupuk, dan dikembangkan. 

“Dengan semangat Merdeka Belajar, ajang OSN dapat menjadi penanda yang lebih kuat bahwa anak-anak Indonesia mampu berpikir merdeka dan berprestasi pada bidang apapun yang mereka sukai dan minati,”kata Hendarman. 

Halaman Selanjutnya
img_title