Polri Tingkatkan Keamanan KTT ASEAN ke-43 Jakarta dengan Teknologi Anti Drone

Dua orang polisi dari Subsatgas Anti Drone sedang bersiaga.
Sumber :
  • Humas Polri

Padang – Polri telah mengambil langkah serius untuk memastikan keamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta pada tanggal 5-7 September 2023. Upaya pengamanan dilakukan melalui Operasi Tribrata Jaya 2023, yang mencakup pengamanan di darat dan bahkan di udara.

Tragedi Tanah Longsor Tana Toraja: 20 Korban Meninggal Dunia Ditemukan Tim Gabungan 

Brigjen Ahmad Ramadhan, Kasatgas Humas Operasi Tribrata Jaya 2023, menjelaskan bahwa Polri telah membentuk Satgas Tindak dengan Subsatgas Anti Drone untuk mengamankan pergelaran KTT ASEAN melalui udara.

"Polri membentuk Satgas Tindak dengan Subsatgas Anti Drone untuk mengamankan KTT ASEAN melalui udara," kata Ramadhan dalam pernyataan tertulisnya pada Rabu 6 September 2023.

Kejar Target, Satgas Halal Kemenag Sumbar Gelar Kampanye di 101 Titik

Subsatgas Anti Drone memiliki tugas penting, yaitu mengamankan ruang udara dari drone-drona liar yang terbang di sekitar area pengamanan atau venue KTT ASEAN. Teknologi dan peralatan yang digunakan oleh Subsatgas Anti Drone telah terbukti efektif dalam pengamanan acara-acara nasional dan internasional sebelumnya, termasuk KTT G20 di Bali.

Proses kerja Subsatgas Anti Drone ini melibatkan pemantauan aktif terhadap pergerakan drone di area pengamanan dan venue KTT ASEAN, dalam radius sekitar 3 kilometer. Jika ada drone yang terdeteksi mendekat ke dalam radius yang telah ditentukan, tim Subsatgas Anti Drone akan mengambil langkah-langkah tegas, termasuk memutuskan sinyal remote ke drone.

Tragedi Banjir Bandang dan Longsor di Bandung Barat: Sembilan Orang Dilaporkan Hilang

"Jika drone terus mendekat, tindakan lebih lanjut akan diambil dengan memutuskan sinyal GPS untuk menonaktifkannya," jelasnya.

Pada hari pertama pengamanan, Ramadhan bilang ada 3-4 drone yang terpantau terbang mendekati radius pengamanan. Namun, drone tersebut masih dalam pengawasan karena tidak terbang lebih dekat ke area pengamanan.

Halaman Selanjutnya
img_title