Sebanyak 2.352 Siswa SMP Pasaman Barat Siap Mengikuti Asesmen Nasional 2023

Sejumlah Siswa SMP Pasaman Barat Melakukan Simulasi Asesmen Nasional
Sumber :
  • Diskominfo Pasbar

Padang – Dalam persiapan Asesmen Nasional (AN), sebanyak 2.352 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah berlatih untuk mengikuti AN tahun 2023, yang akan dilaksanakan pada 18 September hingga 21 September 2023.

Pemprov Sumbar Motivasi Penyelenggara Pemilu dengan Hadiah Umroh

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pasbar, Agusli, menjelaskan bahwa persiapan siswa kelas VIII SMP telah dilakukan sejak tiga tahun yang lalu. Sarana dan prasarana pelaksanaan AN telah diperbarui melalui dana APBN, APBD, dan DAK Fisik. Dengan demikian, 71 dari 73 SMP di Pasbar dapat melaksanakan AN secara mandiri, sementara 2 SMP akan menumpang pada sekolah lain.

Selain persiapan sarana, tim sukses AN Disdik Pasbar telah melaksanakan simulasi AN SMP Pasbar untuk mematangkan persiapan peserta. Agusli berharap pelaksanaan AN tahun 2023 ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan menghasilkan potret yang lebih baik tentang literasi, numerasi, dan lingkungan belajar siswa.

Ini Ketentuan Pendaftaran Bagi Calon Penerima KIP Kuliah Tahun 2024

“Disdik telah melaksanakan 2 kali simulasi Asesmen Nasional, yakni tanggal 11 sampai 14 September 2023 lalu," terang Agusli dalam keterangan tertulis pada Minggu kemarin, dikutip Senin 18 September 2023.

Agusli juga menjelaskan bahwa AN berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. AN bertujuan untuk memperoleh potret hasil belajar literasi, numerasi, dan lingkungan belajar siswa, yang akan menjadi dasar dalam menyusun rencana kerja sekolah dan rencana kerja Dinas Pendidikan tahun 2024.

Pendaftaran Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024 Resmi Dibuka

Kabid SMP, Idris, berharap agar sukses dalam pelaksanaan AN mendapat dukungan dari stakeholder seperti Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan penyedia jaringan internet, untuk menghindari gangguan seperti pemadaman listrik atau putusnya jaringan internet selama pelaksanaan AN.

“Sehingga saat pelaksanaan AN tidak ada mati lampu dan putus jaringan internet,” ucap Idris.

Halaman Selanjutnya
img_title