Kabut Asap Pekat Lagi, Kualitas Udara di Padang Memburuk

Ilustrasi Kota Padang
Sumber :
  • Diskominfo kota Padang

Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat merilis kondisi cuaca yang kembali memburuk lantaran dampak dari kabut asap Karhutla kiriman dari provinsi tetangga. Berdasarkan pantauan Air Quality Monitoring System (AQMS), Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di kota Padang hari ini berada di kategori sedang dengan nilai 78 untuk parameter debu ukuran 2,5 mikrometer. 

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

"Udara sedang tidak sehat, bagi lansia, anak-anak, ibu hamil maupun kelompok rentan, ketika tidak ada keperluan keluar rumah, jangan dulu keluar rumah,"kata Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Padang, dr Gentina, Jumat 29 September 2023.

Gentina menyebut, apabila mendesak untuk beraktifitas di luar rumah, dianjurkan untuk mengenakan masker dan kacamata. Terutama bagi yang berkendaraan roda dua. 

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

"Kabut asap mengandung partikel kecil yang dapat membuat iritasi mata, hidung dan tenggorokan. Partikel itu akan masuk ke saluran nafas yang dapat memicu ashma, alergi, infeksi, maupun ISPA. Perbanyak konsumsi air putih, mengonsumsi sayuran dan buah dan meningkatkan imun tubuh,"tutupnya.