Anies Baswedan Targetkan Tambah 250 Ribu Kosa Kata Baru di KBBI

Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Padang – Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menargetkan penambahan 250 ribu kosa kata baru di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam lima tahun jika dirinya terpilih pada Pilpres 2024.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Anies mengatakan bahwa bahasa Indonesia perlu diperkaya dan itu dapat dilakukan secara bertahap. Dalam lima tahun, Anies menargetkan penambahan 250 ribu kosa kata baru di KBBI. Menurutnya, hal ini akan membuat Indonesia lebih kaya.

Anies mengatakan bahwa pemerintah perlu membangun kebudayaan, salah satunya melalui pengembangan literatur dan sastra. Ia juga menekankan pentingnya memperkaya bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Anies mengatakan bahwa bahasa daerah akan semakin kaya jika bahasa Indonesia diperkaya. Oleh karena itu, pembangunan literatur perlu dipercepat.

Anies juga mengatakan bahwa bahasa Indonesia sangat penting untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Hal ini karena bahasa Indonesia dapat digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia untuk berinteraksi satu sama lain.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Selain itu, Anies mengatakan bahwa Sumpah Pemuda yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan merupakan kesepakatan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini karena bahasa Indonesia memungkinkan seluruh rakyat Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain.

Selanjutnya, Anies mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari sedikit bangsa yang menyepakati bahasa persatuan sebelum ada negara. Hal ini merupakan bukti kehebatan para