Jenderal Agus Subiyanto: Netralitas TNI Harga Mati di Pemilu 2024

Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menegaskan bahwa netralitas TNI dalam seluruh proses Pemilu 2024 adalah harga mati.

Survei KedaiKOPI : Mayoritas Masyarakat Puas dengan Rekayasa Lalu Lintas Polri Saat Mudik Lebaran

Jenderal Agus Subiyanto telah disetujui Komisi I DPR RI sebagai Panglima TNI usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Gedung DPR pada Senin, 13 November 2023. Dalam kesempatan tersebut, ia kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

“Tentang netralitas TNI, jangan ragukan kita TNI. Kita TNI koridornya sudah jelas bahwa netralitas TNI harga mati,” kata Agus.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Agus menjelaskan bahwa netralitas TNI telah diatur dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Kedua undang-undang tersebut melarang TNI untuk terlibat dalam politik praktis.

“Hukuman disiplin dari unsur pimpinan atau atasannya,” ujar Agus.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Untuk menjaga netralitas TNI, Agus mengatakan akan mengambil sejumlah langkah, di antaranya:

Memberikan buku saku kepada seluruh prajurit yang berisikan informasi tentang netralitas TNI. Memberikan penyuluhan dan penekanan kepada seluruh prajurit sampai ke tingkat pangkat terendah. Memperkuat sinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title