Mahfud MD: Ada Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, Jangan Ada Intimidasi

Mahfud MD
Sumber :
  • Dok Mahfud MD

Padang – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima banyak laporan terkait dugaan kecurangan dalam tahapan Pemilu 2024.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Laporan tersebut meliputi pemasangan baliho partai politik oleh oknum tertentu, penurunan baliho partai politik oleh aparat, intimidasi terhadap aktivis dan masyarakat sipil, serta tindakan tekanan terhadap kelompok tertentu.

Mahfud mengatakan bahwa dugaan kecurangan tersebut bisa saja benar terjadi, tetapi bisa juga hanya manipulasi informasi. Ia meminta semua pihak untuk melaksanakan pemilu dengan penuh kejujuran berdasarkan prinsip demokrasi yang berkeadaban.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

"Tidak boleh ada kecurangan, tidak boleh ada tekanan-tekanan terhadap kelompok tertentu dan pemihakan kepada kelompok tertentu lainnya," kata Mahfud.

Ia juga mengingatkan agar TNI/Polri, ASN, birokrasi, KPU, dan Bawaslu bersungguh-sungguh menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu. Mahfud juga berpesan kepada masyarakat yang bergabung dan berafiliasi dalam kontestan pemilu untuk tertib dan tidak membuat kegaduhan.

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada