Buntut Firli Bahuri Jadi Tersangka, Polisi Mulai Periksa Semua Pimpinan KPK Pekan Depan

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Padang – Seluruh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lain akan diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021.

Dugaan Kecurangan Pemilu: Agus Rahardjo Laporkan ke Bawaslu RI

Hal ini menyusul penetapan Ketua KPK, Firli Bahuri sebagai tersangka kasus tersebut.

"Termasuk itu kami agendakan pemeriksaan minggu depan para pimpinan KPK RI," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Jumat 24 November 2023.

Diduga Potong Uang ASN, KPK Tahan Kepala BPPD Sidoarjo Ari Suryono

Dengan demikian, Alexander Marwata, Johanis Tanak, Nawawi Pomolango, Nurul Ghufron, termasuk mantan pimpinan Lili Pintauli Siregar akan dimintai keterangan semuanya sebagai saksi.

Meski begitu, Ade tidak merinci detail waktu pemeriksaan. Namun, ia mengatakan, pemeriksaan terhadap mereka dimulai pada tanggal 27 November 2023.

Pelaku Pungli di Rutan KPK Ternyata Sudah Bukan Pegawai Kemenkumham, Kini Bertugas di Pemerintahan

"Penyidik telah menjadwalkan untuk memeriksa saksi-saksi yang telah diperiksa sebelumnya, termasuk para ahli, yang insyaallah akan kami tuntaskan minggu depan," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menetapkan Ketua KPK, Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
img_title