Pesan Menteri Nadiem Makarim Dipenghujung Masa Jabataan Berakhir

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim
Sumber :
  • Humas Kemendikbudristek

Padang – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengimbau para guru untuk terus melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

"Selamat Hari Guru Nasional. Mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," kata Nadiem Sabtu 25 November 2023.

Mengusung tema Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar kata Nadiem, peringatan HGN tahun ini juga merupakan ruang apresiasi kepada para guru atas semangat belajar, berbagi, dan berkolaborasi dalam Merdeka Belajar demi terwujudnya pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi peserta didik.

Kemendikbudristek Luncurkan Modul Pelatihan Berjenjang Pendidikan Inklusif 

Nadiem menyampaikan rasa sedihnya karena akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Mendikbudristek pada akhir tahun 2023. Namun, ia tetap yakin bahwa para guru akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar.

"Saya merasa sedih, karena saya pasti akan rindu bertemu dengan Ibu/Bapak semua. Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nahkoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir," ungkapnya.

Pesantren Ramadan 1445 Hijriah di Kota Padang Dimulai

Nadiem kemudian menjabarkan sejumlah capaian Merdeka Belajar yang telah diraih selama empat tahun terakhir seperti, penghapusan ujian nasional dan penerapan asesmen nasional.

"Ujian nasional telah dihapus dan diganti dengan asesmen nasional yang bertujuan untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik secara menyeluruh, mulai dari literasi, numerasi, dan karakter," ujar Nadiem.

Halaman Selanjutnya
img_title