KPU: Distribusi Surat Suara Pilpres 2024 Dimulai 6 Desember

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Padang – Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengungkapkan bahwa pihaknya akan mulai mendistribusikan surat suara Pilpres 2024 pada 6 Desember 2023.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Hasyim menjelaskan bahwa surat suara Pilpres 2024 telah selesai dicetak dan saat ini sedang dalam proses pengemasan. Surat suara tersebut akan dikirimkan ke 16 wilayah di Afrika, 11 wilayah di Amerika Latin, 9 wilayah di Amerika, dan 29 wilayah di Eropa.

Hasyim menambahkan bahwa hingga kini, persiapan kantong diplomatik untuk keperluan pemungutan suara Pemilu 2024 di luar negeri telah mencapai 48,6 persen. Tas diplomatik tersebut merupakan prioritas dalam pengiriman logistik tahap pertama ke luar negeri.

Ketua DPRD Solsel Sebut Ramadan Momentum Persatuan Masyarakat Pasca Pemilu

Hasyim menuturkan bahwa logistik Pemilu di luar negeri berpotensi selesai dalam proses pengirimannya di akhir Desember 2023. Dengan begitu, awal Januari 2024, logistik Pemilu luar negeri sudah dapat tiba di tempat-tempat pemungutan suara.

"Rencananya awal Januari sudah diterima oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) karena metode pos harus dilakukan sejak awal. Diperkirakan proses pengiriman surat suara ke pemilih di alamat masing-masing harus sudah dilakukan dalam jangka waktu dua bulan sebelum pemungutan suara di luar negeri," imbuhnya.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan